Perlu kalian ketahui! Inilah Macam-macam Kopi Khas Indonesia! | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Perlu kalian ketahui! Inilah Macam-macam Kopi Khas Indonesia!

Diposting oleh : Pomin Admin
09 June 2022 | 09:36 WIB

Source : Unsplash

Biji Kopi terbaik dapat memberikan cita rasa kopi yang nikmat

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai di seluruh dunia. Kopi memiliki beragam manfaat, sehingga tidak sedikit yang memulai hari dengan meminum secangkir kopi dipagi hari. Kopi dapat meningkatkan energi karena mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Kopi juga dapat membantu dalam menaikkan mood karena kafein mampu meningkatkan suasana hati atau mood.

Dikutip dari The Healthy, studi pada 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan mereka yang minum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari mengurangi resiko bunuh diri hingga 45%. Para peneliti menemukan bahwa minum kopi dapat memberi emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, dan ketenangan. Temuan ini juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang muncul karena konsumsi kopi.

Negara dengan penghasil kopi terbesar di dunia adalah Brazil, sementara Indonesia berada di posisi ketiga. Salah satu produksi Indonesia yang banyak diminati di wilayah lokal maupun internasional adalah kopi. Berikut macam-macam kopi khas Indonesia antara lain :

1. Kopi Luwak

Kopi luwak menjadi salah satu kopi yang cukup fenomenal di Indonesia karena kopi termahal di dunia. Namun harga mahal yang ditawarkan akan terbayar dengan rasanya yang khas dan sangat lembut. Hal yang mempengaruhi harga kopi luwak adalah proses fermentasi yang unik yang langsung dilakukan dalam tubuh luwak. Perlu diketahui bahwa luwak hanya makan kopi ceri yang rasanya paling manis dan paling segar. Setelah masuk dalam saluran pencernaannya, kopi tersebut akan melalui serangkaian proses fermentasi alami. Inilah yang membuat kopi luwak punya rasa yang sangat khas yang tidak bisa dibuat kembali dengan proses yang lain. Setelah luwak membuang kopi tersebut, biji kopi akan dibersihkan, dipanggang, lalu proses penggilingan, dan siap diseduh.

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja adalah salah satu varian populer yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kopi yang berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini memiliki rasa yang khas dan karakter yang unik. Kopi toraja memiliki bentuk dan ukuran yang tidak teratur dengan warna coklat tua. Bentuk ini membuat kopi toraja tersebut cukup mudah dikenali. Memiliki aroma yang sangat harum dan khas, bahkan pada saat pertama kali membuka kemasannya. Kopi ini memiliki cita rasa aroma buah dengan rasa yang tidak terlalu pahit saat dikonsumsi. Tingkat keasamannya juga cukup rendah sehingga menjadi idola bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung.

3. Kopi Temanggung

Cita rasa kopi Temanggung dan aromanya yang unik membuat kopi Temanggung ini menjadi juara nasional secara terus-menerus hingga menjadikan kopi Temanggung terbaik di dunia. Hal ini tentunya dibarengi dengan kualitas pengolahannya, dan beriringan dengan harga kopi Temanggung yang kian meningkat karena permintaan makin tinggi. Aroma yang cukup unik, yakni aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi. Namun itulah yang membuat kopi khas Temanggung, Jawa Tengah, ini sangat autentik dan digemari. Bahkan pasar ekspornya sudah mencapai negara-negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin

4. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores memiliki aroma bunga, karamel, kacang-kacangan dengan ditambah sensasi rasa tembakau, menjadikan kopi ini adalah salah satu kopi yang unik di Indonesia. Cita rasa dari kopi Flores ini dipengaruhi karena tanaman kopi tumbuh di tanah vulkanik pada dataran Ngada, Flores, NTT. Kekentalan cukup pekat, tapi tingkat keasamannya rendah membuat kopi ini berbeda dengan kebanyakan kopi di Indonesia, kopi Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur mempunyai rasa dominan coklat dan vanili.

5. Kopi Kintamani

Kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional. Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi Kintamani memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah. Penggemar kopi asal Bali ini sudah meluas hingga sampai ke daratan Jepang.

6. Kopi Wamena

Dikembangkan dengan teknik Kultivar Bourbon, kopi Wamena sering disandingkan dengan salah satu kopi ternikmat di dunia, Jamaica Blue Mountain. Hal yang unik dari Wamena dibanding daerah penghasil kopi Papua lainnya adalah budidaya yang dilakukan dengan cara organik atau tanpa bahan kimia sama sekali. Bahkan, perkebunan di daerah Baliem sama sekali tidak menggunakan pestisida. Kopi dari Wamena memiliki cita rasa yang lembut. Selain itu, aromanya sangat kuat dan memiliki nuansa floral. Karakter aroma yang jarang dimiliki oleh kopi-kopi Indonesia dari daerah lainnya dan memiliki tekstur yang sangat halus, aroma biji kopi Wamena terasa wangi. Memiliki kadar asam dan kafein yang rendah, kopi ini memiliki rasa manis yang organik. 

 

Dengan keanekaragaman macam-macam kopi yang berada di Indonesia ini, dapat dijadikan peluang untuk membuka usaha minuman kopi. Untuk dapat mengelola bisnis ini diperlukan mesin kopi yang dapat menggiling kopi menjadi bubuk yang siap seduh. Disini Pomin akan mengenalkan suatu mesin dari powerpack yaitu Mesin Coffee Grinder COG-HS600. Mesin ini berfungsi untuk menggiling biji kopi menjadi kopi bubuk siap seduh. Mesin COG-HS600 ini dapat mengatur tingkat kehalusan bubuk kopi sesuai yang anda inginkan. Dengan bentuk mesin yang tidak terlalu besar dan ringan, mesin ini sangat cocok digunakan di rumah tangga dan cafe. Putaran gilingan yang halus tetap menjaga kesegaran aroma dan rasa kopi.

Untuk detailnya silahkan klik link dibawah ini, ya!

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami