Yuks…Kenali Jenis-Jenis Roti - Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Yuks…Kenali Jenis-Jenis Roti

Diposting oleh : Fomac Indonesia
18 March 2019 | 10:05 WIB

(Foto: Marco Aurelio/Pixabay)

Apa sih yang menjadi menu sarapan favorit kamu? Apakah itu roti? Pada umumnya orang Indonesia lebih memilih menu sarapan seperti nasi uduk, nasi goreng, nasi pecel, atau bubur ayam. Roti bukan menjadi pilihan utama menu sarapan untuk orang Indonesia. Namun seperti itu, roti memberikan banyak tawaran untuk menjadi menu sarapan kita.

Selain menjadi menu sarapan, roti juga menjadi pilihan menu yang tepat diwaktu santai baik di rumah ataupun di luar rumah seperti di mall. Jika kita perhatikan, banyak jenis roti yang bisa kita pilih untuk menemani kita diwaktu santai. Namun tahukah kamu apa saja jenis-jenis roti yang ada? Dikutip dari news.lewatmana.com berikut jenis-jenis roti yang perlu Anda ketahui.

1. Roti Tawar

(Foto: Sornram Srithong/Pixabay)

 

Roti tawar terbuat dari tepung terigu dan berwarna putih. Roti ini mengandung serat, vitamin B, zat besi dan zat mikro baik lainnya. Roti tawar bisa dimakan langsung atau menggunakan mentega, coklat atau selai buah. Roti ini sangat popular di konsumsi oleh orang Amerika sejak tahun 1941 dan kini juga populer di seluruh dunia.

 

2. Roti Gandum

(Foto: Hermaion/Pexels)

Roti gandum merupakan roti bertekstur kasar dengan warna coklat. Jenis roti ini kaya akan serat dan warna coklatnya berasal dari serealin yaitu lapisan sel yang terdapat pada sereal. Kandungan serat yang banyak pada roti gandum, sangat baik untuk menu diet. Roti gandum banyak diproduksi di Australia dan Amerika.

 

3. Baguette

(Foto: Mariana Kurnyk/Pexels)

 

Roti ini adalah roti tradisional Prancis yang sangat terkenal di dunia. Roti ini memiliki kulit keras, berwarna coklat dan bagian dalamnya banyak terdapat lubang-lubang. Yang paling khas dalam roti ini adalah panjangnya yang mencapai 50 cm, tak heran jika roti ini dijuluki roti tongkat. Baguette biasanya disajikan dengan sup atau dipanggang lalu diberi aneka macam topping sesuai selera.

 

4. Roti Pita

(Foto: Ajale/Pixabay)

 

Roti ini bentuknya bulat dan pipih, disebut juga roti Arab karena dikonsumsi mayoritas oleh penduduk Timur Tengah. Tekstur roti ini kenyal dan lembut. Proses pembuatannya terbuat dari adonan puff dan dipanggang dalam oven bata dengan suhu sekitar 232 derajat celcius. Roti ini biasanya disajikan dengan kombinasi keju, meses, selai, kare, gulai atau susu manis.

 

5. Ciabatta

(Foto: Josch13/Pixabay)

 

Roti yang berasal dari Italia ini terbuat dari tepung gandum dan ragi. Roti ini berbentuk panjang bulat namun pipih, bagian kulit luar keras namun bagian dalam lembut. Pembuatan roti ini melalui proses pemanggangan dan saat akan dikonsumsi biasanya diiris tipis dengan aneka topping atau mentega saja.

 

6. Breadsticks

(Foto: Stefano Ferrario/Pixabay)

 

Roti renyah ini banyak di sajikan di restoran Italia sebagai snack pembuka, sehingga tamu yang datang menunggu makanan tidak bosan tapi juga tidak kekenyangan. Roti ini selain di sajikan polos, juga diberi aneka rasa seperti wijen, bawang, atau rempah dedaunan.

 

7. Croissant

(Foto: Pexels/Pixabay)

 

Crosissant adalah roti yang berasal dari Prancis. Disebut croissant karena bentuknya yang mirip bulan sabit. Roti ini dibuat dari adonan berlapis, teksturnya renyah dan empuk. Roti ini biasanya disajikan saat sarapan dengan diolesi mentega dan selai jeruk.

 

8. Bagel

(Foto: bagelsandawholelotmore.com)

 

Adalah roti khas dari Eropa Timur bentuknya bulat seperti donat, tapi bagian dalam lebih padat. Bagel disajikan pada saat makan pagi, dibelah, dibakar dan diolesi keju krim. Pada adonan bagel biasanya ditambahkan kismis, blueberry, bawang, atau wijen.

 

9. Focaccia

(Foto: Arifarca/Pixabay)

 

Focaccia banyak digunakan untuk bahan utama sandwich, tekstur adonnanya mirip dengan adonan roti pizza. Biasanya di Italia pembuatannya dengan tambahan bumbu seperti bawang, daging, sayuran, keju, garam dan minyak zaitun kemudian dipanggang dalam waktu tertentu.

 

10. Crumpet

(Foto: www.goodhousekeeping.com)

Ini adalah sejenis roti muffin namun teksturnya lebih lembab dan berasal dari Inggris. Crumpet sering disajikan dengan diolesi krim padat atau mentega dan dimakan pada saat minum teh. Sebelum dihidangkan, roti ini biasa dipanggang atau dibakar terlebih dahulu.

 

Setelah tau jenis-jenis roti, mana nih roti yang kamu sukai. Atau kamu malah ada ide untuk membuat usaha roti. Kalau kamu punya ide untuk menjalankan usaha pembuatan roti, pastikan untuk menggunakan mixer roti dari Fomac untuk membuat adonan kamu menjadi lebih baik.

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami