Cara Membuat Keripik Mie yang Renyah dan Gurih. Cocok Untuk Ide Jualan di Rumah! | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Cara Membuat Keripik Mie yang Renyah dan Gurih. Cocok Untuk Ide Jualan di Rumah!

Diposting oleh : Fomac
30 January 2023 | 19:21 WIB

Source : Pexels

Bosan dengan menu mie yang gitu-gitu aja? Yuk, kita membuat kreasi makanan dari olahan mie. Biasanya olahan makanan yang terbuat dari mie hanya dijadikan menu makanan seperti mie rebus maupun mie goreng, namun kamu juga bisa membuat kreasi makanan ataupun camilan yang dapat terbuat dari mie. Salah satunya adalah Keripik Mie. Kerupuk Mie merupakan salah satu makanan ringan yang paling banyak diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia, karena rasanya yang gurih dan renyah saat dimakan, maka tak heran jika keripik dikenal luas oleh berbagai kalangan dan usia.

Untuk membuat Keripik Mie bahan dan langkah pembuatannya sangatlah mudah. Tentunya, untuk membuat cemilan ini membutuhkan bahan pendamping lainnya. Namun, jangan khawatir karena bahannya mudah didapat dan ekonomis harganya. Oleh karena itu, cemilan Keripik Mie ini sangat cocok untuk dijadikan ide jualan di rumah.

Penasaran dan tertarik untuk membuat cemilan Keripik Mie ini di rumah ? Yuk, simak penjelasan resep dan cara pembuatan Keripik Mie berikut ini agar renyah dan gurih.

Bahan

  • Adonan Mie

300 gram Tepung Terigu Protein Tinggi

3 buah Telur Ayam

1 sendok makan Minyak Goreng

1 sendok teh Garam

  • Bahan Utama

Mie yang sudah direbus hingga lembek. Angkat dan tiriskan

20 sdm peres tepung tapioka

2 batang seledri, iris halus

1 sdt kaldu bubuk (optional)

Minyak untuk menggoreng secukupnya

Langkah : 

  1. Campur semua bahan adonan mie, uleni hingga rata. Setelah itu diamkan selama 15 menit.
  2. Giling dan cetak adonan mie agar kenyal dan membentuk ukuran mie yang diinginkan. Lalu rebus mie hingga lembek.
  3. Siapkan wadah untuk mie yang telah ditiriskan.
  4. Masuk 10 sdm tapioka dan uleni hingga rata.
  5. Masukan kembali sisa tapioka uleni lagi hingga dapat dibentuk. Jika adonan kering dapat tambahkan air sisa rebusan mie sedikit-sedikit hingga mudah untuk dibentuk.
  6. Ambil sedikit adonan, pipihkan. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Panaskan minyak, goreng keripik hingga matang. Angkat dan tiriskan, setelah dingin masuk toples. Sajikan.

 

Untuk membantu kamu dalam menggiling dan mencetak adonan mie, kamu dapat menggunakan Noodle Maker NOD-200S dari FOMAC. Mesin Pembuat Mie atau Noodle Maker NOD-200S merupakan alat yang digunakan untuk membantu proses pembuatan mie. Noodle Maker ini dirancang dengan hemat energi dan hemat biaya. Dengan Noodle Maker NOD-200S mencetak mie menjadi lebih mudah, cepat, higienis, dan rapi. Noodle Maker NOD-200S cocok digunakan usaha yang membutuhkan pembuatan mie.

Dalam waktu 60 menit, Noodle Maker NOD-200S mampu menghasilkan hingga 25-30 kilogram mie yang rapi, ukuran sama, serta merata kekenyalannya. Proses penggilingan bahan mie juga dilakukan sekaligus dengan mesin ini hingga ketebalan yang diinginkan, kemudian mesin akan membantu memotong secara otomatis, sehingga mudah dan efisien. Mie dapat disesuaikan ketebalannya dan juga memiliki 2 jenis hasil potongan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Noodle Maker NOD-200S ini wajib dimiliki oleh pengusaha mie, membuat mie sendiri dengan kreasi dan resep sendiri akan memberikan ciri khas. Selain itu dengan menggunakan Noodle Maker NOD-200S, pekerjaan membuat mie jadi mudah dan cepat tanpa harus mengeluarkan tenaga besar untuk menggiling dan membanting adonan secara manual.

Spesifikasi : 

Voltase : 220V / 50Hz

Daya : 550 Watt

Kapasitas : 25 – 30 Kg/h

Ukuran Mie : 2 ukuran (2 mm/6 mm) atau 2 ukuran (3 mm/8.5 mm)

Berat Mesin : 20.5 Kg

Dimensi Mesin : 39 x 33 x 40.5 cm

 

Untuk hasil yang lebih kriuk, kamu dapat menggunakan metode penggorengan Deep Fryer. Metode Deep Fryer merupakan teknik menggoreng dengan banyak minyak sehingga seluruh bagian ayam akan terendam dalam minyak. kamu dapat menggunakan Deep Fryer FRY-G171 dari FOMAC. Deep Fryer FRY-G171 cocok digunakan untuk menggoreng ayam, ikan, udang, bakso, dan sebagainya dengan menggunakan energi gas dan memiliki kapasitas yang besar. Sisi body mesin seluruhnya menggunakan bahan stainless anti karat. Panel indikator yang sangat sederhana dan mudah untuk dimengerti. Tingkat kepanasan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Terdapat kran untuk mengeluarkan minyak. Selain itu, Deep Fryer FRY-G171 memiliki ukuran yang jauh lebih ergonomis dibanding saat menggunakan wajan dan kompor biasa, karena Deep Fryer FRY-G171 memiliki kapasitas yang besar yakni 17 liter. Bahan Deep Fryer FRY-G171 yang terbuat dari stainless steel ini sangatlah aman dan higienis meski dalam tekanan suhu yang tinggi sekalipun. Dan tidak ketinggalan juga 1 buah keranjang peniris yang dapat digunakan untuk menyaring makanan dari sisa minyak penggorengan.

Spesifikasi : 

Penggunaan Bahan Bakar : 0,48 Kg/h

Kapasitas Tangki : 17 Liter

Berat : 18,6 Kg

Dimensi : 340 x 670 x 650 mm


 

Sumber : 

https://sukoharjo.pikiran-rakyat.com/kuliner/pr-2035096802/cemilan-keripik-indomie-renyah-dan-gurih-hanya-2-bahan-simak-resep-dan-cara-buatnya-berikut?page=3 

 

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami