Daftar Kopi Termahal di Dunia, Nomor 5 Berasal dari Indonesia | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Daftar Kopi Termahal di Dunia, Nomor 5 Berasal dari Indonesia

Diposting oleh : Fomac
16 June 2022 | 10:22 WIB

Source : Pexels

Bagi sebagian orang, kopi adalah minuman sehari-hari yang biasa dinikmati. Dari banyaknya varian biji kopi, beberapa kopi pun dijual dengan harga fantastis sehingga dinobatkan menjadi kopi termahal di dunia. Tentu ada sejumlah alasan mengapa beberapa varian kopi tersebut masuk daftar kopi termahal di dunia. Hal tersebut disebabkan proses mendapatkan kopi tersebut yang terbilang sulit, bijinya yang langka, serta hanya dapat tumbuh di tempat-tempat tertentu saja. Menariknya, salah satu varian kopi yang masuk daftar kopi termahal di dunia tersebut berasal dari Indonesia. Apa saja? Simak penjelasan berikut.

1. Black Ivory Coffee

Kopi ini berasal dari negara Thailand. Proses dalam pembuatan kopi ini menggunakan bantuan gajah sebagai hewan yang mencerna kopinya. Harga mahal dari kopi ini disebabkan oleh proses yang membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk mendapatkan biji kopi yang sempurna. Buah kopi yang dicerna gajah dan dikeluarkan melalui kotorannya dan diambil biji-biji kopi hasil cernaan gajah tersebut. Semua proses produksi kopi ini dilakukan secara alami. Dari 33 kilogram buah kopi yang dimakan gajah, hanya bisa mendapatkan sekitar 1 kilogram biji kopi saja. Harga kopi ini mencapai Rp. 7,4 juta untuk 500 gram biji kopi.

2. Hacienda la Esmeralda

Hacienda la Esmeralda dinobatkan sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Kopi ini bahkan mendapatkan berbagai macam penghargaan pada kontes kopi. Jenis kopi Hacienda La Esmeralda ini ditanam di Panama, tepatnya di daerah Boquete dengan ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Jumlah biji kopi yang dihasilkan setiap panen sangat sedikit. Maka tidak heran jika harga biji kopi ini sangat mahal. Kopi ini memiliki rasa yang cukup ringan dan terdapat cita rasa buah. Harga kopi Hacienda la Esmeralda sekitar Rp. 5,2 juta per 500 gram.

3. Saint Helena

Jenis kopi Saint Helena berawal dari hasil budidaya seorang tokoh militer Perancis yang bernama Napoleon Bonaparte. Ia adalah seorang penggemar kopi yang akhirnya mendirikan kebun kopinya sendiri. Nama kopi ini berasal dari lokasi kopi ini dibudidayakan, yaitu sebuah pulau yang bernama Saint Helena. Letaknya berada di tengah Samudra Atlantik, 1.200 mil dari Pantai Barat Afrika. Kopi ini hanya bisa tumbuh di daerah tersebut dan biaya transportasi yang cukup mahal membuat kopi ini termasuk sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Harga kopi ini sekitar Rp. 1,1 juta per 450 gram.

4. Jamaican Blue Mountain

Jamaican Blue Mountain Coffee menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi ini sangat digemari di Jepang karena rasanya yang lembut dan tidak terlalu pahit. Asal kopi Jamaican Blue Mountain dari biji kopi yang tumbuh di Blue Mountain, Jamaika. Hal yang menjadikan kopi termahal di dunia itu memiliki harga yang cukup tinggi tidak hanya rasa yang sangat unik tapi juga proses pembuatannya yang tidak mudah serta jumlah produksinya yang terbatas. Harga kopi Jamaican Blue Mountain Coffee berkisar Rp. 754.000 per 450 gram.

5. Kopi Luwak

Kopi luwak masuk ke dalam daftar kopi termahal di dunia. Kopi ini berasal dari Indonesia. Sesuai dengan namanya, kopi luwak membutuhkan bantuan hewan luwak untuk memproses biji kopi di dalam pencernaannya sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang lezat. Luwak hanya akan memilih biji kopi merah yang paling manis dan masih segar. Biji kopi akan dimakan luwak dan akan mengalami proses fermentasi yang kemudian akan dikeluarkan melalui kotorannya. Proses fermentasi tersebut yang membuat cita rasa kopi luwak menjadi unik. Harga per 500 gram kopi luwak berkisar Rp. 2,2 juta.

 

Untuk dapat menghasilkan bubuk kopi yang siap seduh perlu dilakukan proses penggilingan biji kopi yang dapat dilakukan dengan mesin coffee grinder. Fomac memiliki varian mesin coffee grinder yang cocok untuk membantu kamu dalam memproses biji kopi menjadi bubuk kopi siap seduh. 

Salah satunya adalah mesin COG-HS600. Mesin Penggiling Kopi COG-HS600 ini dapat mengatur tingkat kehalusan bubuk kopi sesuai dengan yang kamu inginkan. Putaran gilingan yang halus tetap menjaga kesegaran aroma dan rasa kopi. Dengan bentuk mesin yang tidak terlalu besar dan ringan, produk ini sangat cocok digunakan untuk rumah tangga dan cafe. 

Untuk lebih detail silahkan cek video dibawah ini, ya!

 

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami