Gampang buatnya!! Ide Jualan Cemilan dari Olahan Daging | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Gampang buatnya!! Ide Jualan Cemilan dari Olahan Daging

Diposting oleh : Fomac
22 July 2022 | 09:41 WIB

Source : Pexels

Daging merupakan bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan makanan. Daging tersusun sebagian besar dari jaringan otot, ditambah dengan lemak yang melekat, urat, serta tulang rawan. Daging biasanya disematkan untuk yang berasal dari hewan besar (mamalia dan reptil). Daging semacam ini disebut daging merah, dan diperdagangkan dalam bentuk potongan-potongan. Semestara itu ikan, amfibi, hewan laut dan unggas tidak termasuk komoditas daging, karena dapat diperdagangkan secara utuh. Daging non-komoditas disebut dengan daging putih.

 

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daging sapi segar rendah lemak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Daging sapi mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan ayam dan ikan. Kebanyakan orang mengkonsumsi daging sapi sebagai daging panggang, iga steak, hingga topping utama hamburger. Daging sapi menawarkan berbagai olahan yang dapat dikonsumsi dengan mudah seperti kornet, dendeng, dan sosis. 

 

Banyaknya makanan yang terbuat dari olahan daging dapat kamu jadikan sebagai peluang untuk memulai bisnis. Berikut ini beberapa olahan cemilan dari daging yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. SImak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Lumpia isi 

Lumpia merupakan jajanan tradisional khas Tionghoa dan merupakan kuliner khas dari Semarang. Selain rasanya yang enak dan murah, lumpia juga memiliki isian yang sehat, biasanya terdiri dari sayuran segar, rebung, telur, daging, maupun makanan laut. Untuk membuat makanan ringan ini, langkah pertama tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Setelah harum masukkan daging cincang. Tumis hingga daging berubah warna. Lalu, masukkan sayuran, tambahkan saus tiram, minyak wijen, dan lada. Aduk rata dan cicipi. Bila kurang asin tambahkan garam. Kemudian tumis hingga sayuran sedikit layu dan daging matang. Matikan api, dinginkan. Setelah itu,  taruh isian lumpia 1 sampai 1,5 sdm ke atas kulit lumpia, lalu gulung. Rekatkan kulit lumpia dengan air. Kemudian goreng lumpia secara deep fried hingga berwarna coklat keemasan. Kamu dapat menyajikan lumpia selagi masih hangat.

2. Martabak Mini 

Kini banyak dijual martabak dengan ukuran yang kecil, atau lebih dikenal dengan sebutan martabak mini. Secara umum, martabak mini tidak jauh berbeda dengan martabak telur biasanya, yang membedakan hanya ukurannya saja. Proses pembuatan cemilan ini kamu perlu merebus daging dengan air masukkan kaldu sapi secukupnya, kemudian diamkan hingga panasnya hilang, lalu cincang halus. Kemudian tumis daging cincang sebentar bersama bawang putih yang sudah dicincang halus. Setelah itu, potong-potong semua bahan, kemudian masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan telur ayam, daging cincang dan semua bumbu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Siapkan kulit lumpia kemudian taruh isian martabak di atasnya, lipat. (bisa oleskan telur di ujung kulit lumpia agar memudahkan melipat martabak). Siapkan teflon dan minyak goreng secukupnya. Masukkan martabak goreng hingga berubah warna agak kecoklatan. Tiriskan. 

3. Samosa Daging Giling

Samosa adalah pastri goreng berbentuk segitiga. Isi Samosa dapat berupa daging giling, kentang rebus berbumbu rempah-rempah dicampur kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, dan kadang-kadang paneer. Makanan ringan ini populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Jazirah Arab. Unruk membuat makanan ringan ini langkah pertama adalah tumis bawang bombay, daun kari sampai layu, masukkan daging giling dan tumis sampai berubah warna. Masukkan kentang, aduk lalu tuang air, Jika sudah mendidih, masukkan bumbu kari, garam, gula, dan bubuk kaldu. Masak hingga air menyusut lalu masukkan daun bawang dan butter. Setelah didinginkan, ambil kulit lumpia dan potong menjadi 3 persegi panjang, Lipat berbentuk kantong segitiga, lalu isi dengan bahan isian tadi, lalu tutup dengan sisa kulit lumpia, lengketkan dengan tepung yang ditambah air.

4. Kroket Daging Cincang

Kroket adalah nama sebuah makanan yang diambil oleh masyarakat Indonesia dari bangsa Belanda namun merupakan adaptasi makanan dari Prancis. Di Indonesia, kroket biasanya terbuat dari kentang yang dihaluskan dan di isi dengan berbagai macam bahan isian seperti sayuran daging cincang, suwir ayam, dan sebagainya. Proses pembuatan makanan ringan ini cukup mudah, kamu perlu menumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan daging cincang, aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan sedikit air, wortel, buncis, kecap manis, garam, gula, merica dan daun bawang. Kemudian kukus kentang lalu haluskan, campur dengan kuning telur, margarin, susu bubuk, garam, pala, dan merica aduk hingga rata. Ambil sedikit adonan pipihkan, beri isian bentuk bulat. Gulingkan ke tepung terigu, lalu ke telur dan gulingkan lagi di tepung panir. Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

5. Risoles Ragout

Ragout merupakan salah satu isian favorit untuk risoles. Ragout sejenis adonan yang berupa campuran sayuran, daging, atau ayam cincang. Bahan tersebut kemudian dicampur ke dalam saus bechamel yaitu saus yang terbuat dari larutan terigu dan mentega yang ditambahkan air atau susu dan diaduk perlahan hingga larutan tepung kental. Untuk membuat cemilan ini, hal pertama yang kamu lakukan adalah tumis bawang merah dan bawang bombay sampai harum. Lalu, masukkan wortel dan daging yang sudah dicincang, aduk hingga rata. Kemudian masukkan susu cair, masak sampai wortel lunak, tambahkan pala dan merica, Setelah itu, tambahkan buncis, seledri, keju parut aduk rata dan masukkan susu kental manis, garam, gula secukupnya. Larutkan terigu dan mentega, aduk sampai ragout mengental. Setelah itu, Ragout siap disajikan.

 

Untuk memudahkan kamu dalam menggiling daging dalam membuat cemilan olahan, kamu dapat menggunakan mesin Meat Grinder MGD-G31 dari FOMAC. Mesin Penggiling Daging MGD-G31 ini berfungsi untuk menggiling daging dengan sangat cepat dan efisien. Dengan menggunakan tenaga listrik yang ramah lingkungan. Mesin giling daging ini cocok digunakan untuk keperluan rumah tangga karena bentuknya yang portabel dan mudah dipindah-pindahkan. Mesin ini juga mudah dibersihkan, dan memiliki desain yang elegan.

 

Menggiling daging dengan meat Grinder FOMAC akan menghasilkan daging giling secara cepat dan efisien. Kamu dapat menghemat waktu dan tenaga dibandingkan menggiling secara manual. Selain itu hasil gilingan akan lebih higienis karena semua dilakukan di dalam mesin tertutup dengan mata pisau yang terbuat dari stainless yang bisa dilepas pada saat pembersihan mesin.

 

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!

 

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami