Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Saat Memulai Usaha Restoran | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Saat Memulai Usaha Restoran

Diposting oleh : Fomac
22 March 2023 | 08:51 WIB

Source : Pexels

Salah satu jenis usaha yang memiliki potensi cukup menjanjikan adalah bidang kuliner, karena makanan dan minuman akan selalu dibutuhkan oleh manusia apalagi di Indonesia yang memiliki mayoritas penduduknya adalah kulineris. Ada banyak usaha yang bergerak di bidang kuliner seperti restoran, rumah makan, kafe dan kedai. Kebanyakan wirausahawan pemula lebih memilih untuk membuka usaha ini karena menjanjikan. Dalam memulai, persiapan membuka usaha rumah makan harus dilakukan secara matang agar mendapat hasil maksimal.

Usaha restoran juga sama seperti usaha lainnya, yang memiliki tahap awal berupa persiapan konsep dan bagaimana sistem pelayanan nya nanti. Hal penting yang perlu kamu persiapkan adalah mempertahankan kualitas makanan yang dijual, sehingga pelanggan akan selalu merasa betah dan nyaman saat makan di restoran kamu. Untuk lebih detail terkait apa yang perlu persiapkan, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Temukan Konsep Restoran

Jika ingin memulai usaha restoran, tentukan konsep apa yang akan digunakan pada restoran tersebut. Konsep restoran akan mempengaruhi pola masakan. Setelah tahu konsepnya, mulai tentukan nama untuk restoran. Memilih nama untuk restoran memang gampang-gampang susah. Nama mencerminkan apa yang ada di dalamnya, terlebih untuk sebuah jasa masakan untuk dinikmati hampir semua orang. Untuk membuat nama merek, kamu harus mengurus masalah hak cipta, trademark, hingga strategi marketingnya. Jangan lupa juga untuk tentukan logo dari restoran. Pastikan nama restoran mudah diingat, dan gampang diucapkan.

2. Staff Restoran

Restoran tentu membutuhkan beberapa pekerja yang ahli di bidangnya. Ada beberapa bagian yang harus dipegang oleh staf yang ditunjuk langsung. Pastikan mereka adalah orang yang jujur, serta pernah memiliki pengalaman dibidang yang sama sebelumnya. Training staf–staf Anda dan beritahukan pada mereka bahwa pelanggan adalah raja, sehingga pelayanan yang dilakukan harus maksimal. Hal ini perlu dipersiapkan, karena kerjasama tim dan kreativitas antar staff juga akan membuat restoran ini maju. Staff dapat menentukan citra restoran

3. Strategi Promosi Restoran

Setelah semua langkah dijalankan, saatnya untuk berpromosi dengan maksimal. Lakukan promosi mulut ke mulut, penyebaran brosur ke kantor atau instansi sekitar, dan bila perlu lakukan juga promosi secara online lewat sosial media, dengan menampilkan foto menu masakan yang istimewa. Kamu juga dapat menggunakan pesanan online, seperti Go Food, Grab Food, dan Shopee Food untuk mempermudah konsumen memesan makanan restoran kamu.

4. Peralatan Masak

Mendirikan usaha rumah makan berarti harus memproduksi berbagai macam menu makanan untuk disajikan kepada para pelanggan. Karena makanan dihasilkan dengan cara dimasak, maka kamu harus menyediakan berbagai perlengkapan memasak untuk menunjang kegiatan produksi. Sediakan peralatan sesuai dengan kebutuhan, hindari membeli alat-alat yang tidak dibutuhkan karena akan membuat anggaran membengkak.

 

Bagi pengusaha di bidang kuliner pastinya memerlukan tenaga untuk dapat mengolah bahan makanan dengan cepat. Banyak bahan makanan yang perlu untuk dicacah atau dipotong sebelum diolah menjadi makanan yang dapat disajikan. Untuk mencacah bahan makanan dalam jumlah yang banyak membutuhkan mesin yang dapat membantu agar efektif dan efisien. Food Cutter merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu mengolah bahan makanan. Food Cutter berfungsi untuk memotong ataupun mencacah bahan makanan, sehingga dapat diolah menjadi makanan yang akan disajikan. Pada bagian dalam wadah food cutter terdapat mata pisau yang berfungsi untuk memotong bahan makanan.

Food Cutter FCT-QS4L dari FOMAC merupakan mesin pencacah serbaguna, mesin ini dapat digunakan untuk mencacah berbagai jenis sayuran seperti, tomat, cabai, bawang, dan sebagainya. Untuk para pebisnis kuliner yang mementingkan kecepatan dan kualitas, mesin ini sangat tepat untuk digunakan, karena dapat menghemat waktu tanpa mengurangi kualitas bahan makanan. Food Cutter FCT-QS4L ini memiliki pengaturan kecepatan, desain yang elegan, aman untuk bahan pangan, motor yang kuat dan terpisah dengan bowl sehingga ketika motor bekerja tidak terlalu panas akibat motor, bowl dapat dilepaskan sehingga mudah dibersihkan. Food Cutter FCT-QS4L ini cocok digunakan untuk restoran, hotel, catering, dan usaha kuliner lainnya.

Spesifikasi : 

Voltage : 230V/50Hz

Daya : 1200W

Kapasitas : 4 L

Net Weight : 14 kg

Gross Weight : 17 kg

Dimensi : 450 x 300 x 370 mm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!


 

Sumber : 

https://ameera.republika.co.id/berita/ooa1l8328/langkah-mudah-membuka-usaha-restoran 

https://www.wisklik.com/2018/04/persiapan-membuka-rumah-makan.html 

 

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami