Jenis Minuman Kopi yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Pesan | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Jenis Minuman Kopi yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah Pesan

Diposting oleh : Fomac
03 August 2022 | 08:41 WIB

Source : Pexels

Apakah kamu sering kesulitan dalam memilih dan membedakan jenis minuman kopi pada saat di kafe ? Saat berkunjung ke kafe, kamu pasti akan dihadapkan pada beberapa nama asing berbahasa Inggris seperti Espresso, Americano, Cappucino, Moccacino, Coffee Latte, Long Black, Cold Brew, dan masih banyak jenis minuman kopi lainnya. Jika kamu hanyalah peminum kopi kasual, kamu mungkin akan sedikit kebingungan dengan hal ini. Berikut ini penjelasan terkait perbedaan dari jenis minuman kopi yang sering kita jumpai di kafe:

1. Long Black

Long Black adalah salah satu jenis kopi yang umumnya tersedia di Australia dan Selandia Baru. Long Black mirip dengan Americano, tetapi memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat. Secangkir long black dibuat dengan menuangkan dua sloki espresso atau ristretto ke atas air panas. Air yang dituangkan umumnya berkisar 100-120 ml, tetapi hal ini kembali ke selera masing-masing.

2. Cappucino

Cappucino adalah minuman khas Italia yang dibuat dari espresso dan susu, tetapi referensi lain juga ada yang menyebutkan bahwa cappucino berawal dari biji-biji kopi tentara Turki yang tertinggal setelah peperangan yang dipimpin oleh Kara Mustapha Pasha di Wina, Austria melawan tentara gabungan Polandia-Germania. Cappucino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 microfoam. Cappucino berbeda dengan latte macchiato, yang kebanyakan terdiri dari susu dan sedikit busa.

3. Americano

Americano adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu sloki espresso dengan air panas. Air panas yang digunakan dalam minuman ini adalah sebanyak 6 hingga 8 ons. Nama dari kopi ini pada awalnya merupakan ejekan bagi orang-orang Amerika yang meminta agar espresso mereka dibuat menjadi lebih encer. 

4. Cold Brew

Cold Brew adalah metode menyeduh kopi dengan air dingin. Biasanya jika menyeduh kopi dengan air panas, metode ini menggunakan air dingin atau air suhu ruang. Cara membuatnya yaitu kopi digiling lalu direndam dengan air dingin selama minimal 6 jam hingga 12 jam dan disimpan dalam lemari pendingin. Ekstrak kopi dikeluarkan secara perlahan-lahan. Setelah waktu tersebut kopi disaring dengan kain kasa atau penyaring lalu dicampur dengan susu serta rasa lainnya sesuai selera.

5. Mochaccino

Mochaccino adalah minuman kopi yang terbuat dari campuran espresso dengan coklat dan susu. Saat ini campuran Mochaccino biasa dicampur dengan varietas lainnya untuk menciptakan cita rasa yang khas dan unik. Banyak perusahaan kopi yang memiliki campurannya tersendiri. Komposisinya diracik dari bubuk coklat, kopi, susu panas, dan cream. Di Eropa, kopi ini juga dikenal sebagai Mochaccino. Nama Mocha sendiri sebenarnya adalah sebuah nama varietas kopi dari daerah Mukha, Yaman.

6. Coffee Latte

Coffee Latte dalam bahasa Italia yang artinya kopi susu adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada coffee latte adalah 2:1. Di AS kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino. Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950.

7. Espresso

Espresso adalah jenis kopi yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil. Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 sampai 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90°C dengan tekanan 9 atmosfer.

 

Untuk dapat menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi siap seduh, kamu dapat menggunakan Mesin Coffee Grinder COG-HS600 dari FOMAC. Mesin COG-HS600 berfungsi untuk menggiling biji kopi menjadi kopi bubuk siap seduh. Mesin Penggiling Kopi COG-HS600 ini dapat mengatur tingkat kehalusan bubuk kopi sesuai yang kamu inginkan. Dengan bentuk mesin yang tidak terlalu besar dan ringan, produk ini sangat cocok digunakan di rumah tangga dan cafe. Putaran gilingan yang halus tetap menjaga kesegaran aroma dan rasa kopi.

COG-HS600

Spesifikasi Produk

Voltase : 220 V / 50 Hz

Daya : 100 Watt

Kapasitas Wadah Biji Kopi : 250 Gram

Berat : 4 Kg

Dimensi : 37 x 15 x 26 Cm

Untuk informasi lebih detail silahkan cek video di bawah ini, ya!


 

Sumber :

https://www.merdeka.com/jatim/18-jenis-minuman-kopi-yang-perlu-diketahui-dari-espresso-hingga-flat-white-kln.html 

 

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami