Asal Usul Roti | Blog Fomac
MESIN KAMI SOLUSI ANDA | KUALITAS TERJAMIN
Selamat Datang Di Fomac Indonesia
Mesin Kami Solusi Anda

Asal Usul Roti

Diposting oleh : Fomac Indonesia
29 January 2019 | 09:30 WIB

(Foto: www.pexels.com)

Roti merupakan salah satu menu sarapan yang sudah umum di banyak negara. Tahukah anda bahwa roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Dikutip dari id.wikipedia.org, roti sudah ada sejak 30.000 tahun yang lalu. Salah satu bukti yang ada di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Pada waktu itu tepung sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian, misalnya dari tumbuhan jenis Typha dan tumbuhan paku. Tepung ini ditebarkan di atas batu yang datar, dibakar dengan api, menjadi flatbread (roti datar) primitif.

Awal sejarah roti berawal di daerah Mesir dan Mesopotamia. Bermula ketika masyarakat menemukan cara lain untuk menikmati gandum. Dikutip dari kolomsejarahdunia.blogspot.com, gandum yang awalnya hanya dikonsumsi langsung ternyata dapat diolah dengan air sehingga membentuk pasta. Pasta tersebut kemudian dimasak di atas api, kemudian mengembang dan mengeras dan dapat disimpan beberapa hari. Pada saat itu, roti merupakan makanan para bangsawan. Dari roti ini pun dahulu bisa dilihat golongan kastanya. Semakin putih warnanya semakin tinggi kastanya, karena tepung putih pada saat itu sangat jarang ditemukan.

 

(Foto: www.pexels.com)

 

Teknik awal membuat roti masih terus dikembangkan sampai saat ini. Teknologi yang digunakan juga beragam dan terus berkembang. Dikutip dari berbagai sumber, perkembangan teknologi pembuatan roti di Mesir kemudian menyebar ke Yunani, hingga akhirnya masuk ke daratan Eropa. Roti yang dibuat dari Mesir itupun kian berkembang karena bisa bertahan beberapa hari hingga ke India dan Yunani. Di India sendiri, roti makin berkembang ke daratan Asia karena para pedagang India yang selalu membawa persediaan roti untuk perjalanan. Sedangkan roti menyebar di Eropa karena Yunani yang membuat roti dengan teknologi yang meniru di Mesir. Alhasil roti menjadi kudapan penting di wilayah Eropa. Bahkan di Roma sendiri, tepung roti akan lebih berharga dibanding sepotong daging.

Roti terus berkembang, mulai dari bentuk dan juga rasanya. Kini banyak roti hadir dengan rasa cokelat, strawberi, srikaya, keju dan lainnya. Bentuknya pun bervariatif mulai dari bulat, kotak, memanjang, lonjong, dan berbagai macam lagi. Roti terus berkembang diberbagai negara dan melahirkan banyak macam-macam roti khas, seperti di Meksiko yang memiliki roti bernama Tortila, Roti Canai di India, Bak Pau di China, dan lain-lain.

Pengolahan roti yang mempunyai bahan dasar tepung terigu dan air dapat menggunakan mesin-mesin yang sesuai sehingga memudahkan pembuatannya. Fomac Indonesia menyediakan mesin-mesin untuk mengolah roti mulai dari Spiral Mixer atau Dough Mixer sebagai mesin pengaduk adonan, Proofer untuk mesin pengembang adonan, dan juga ada Oven untuk mesin pemanggang adonan.

Hai! Selamat datang di website FOMAC!

Fomin siap membantu Anda. Jangan ragu untuk memberi tahu Fomin kebutuhan kamu.

Hello! What can I do for you?
×
Hubungi Kami